MATA KULIAH : SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

Definisi Data  :

  • Data adalah fakta-fakta yang dikumpulkan, disimpan, dan diproses dengan sistem informasi

Sedangkan

Informasi adalah data yang telah diatur dan diproses untuk memberikan arti.

Karakteristik Kualtias Informasi :

  • Relevance
  • Reliability
  • Completeness
  • Timeliness
  • Understandability

Definisi Sistem adalah :

  • Rangkaian dua atau lebih komponen saling berhubungan, yang berinteraksi untuk mencapai satu tujuan.
  • Sekelompok elemen-elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan.

    Elemen sistem :

    Tidak semua sistem memiliki kombinasi elemen yang sama, tapi suatu susunan dasar adalah :Input, Transformasi, Output, Mekanisme Kontrol, Tujuan.

    Jenis Sistem :

    Sistem Lingkaran Terbuka à sistem yang tidak mempunyai elemen mekanisme kontrol, dan tujuan.

    Sistem Lingkaran Tertutup à sistem yang disertai oleh adanya elemen mekanisme kontrol dan tujuan.

    Sifat Sistem :

    1. Sistem terbuka : Sistem yang dihubungkan dengan lingkungannya melalui arus sumberdaya.
    2. Sistem Tertutup : Sistem yang sama sekali tidak berhubungan dengan lingkungannya.

    Sistem Fisik : sistem yang terdiri dari sejumlah sumber daya fisik

    Sistem Konseptual : sistem yang menggunakan sumberdaya konseptual (data dan informasi) untuk mewakili suatu sistem fisik.

    Sesuatu disebut sistem jika memiliki 2 syarat:

    1. Memiliki bagian-bagian (subsistem atau disebut pula sebagai prosedur) yang saling berinteraksi
    2. Memiliki : Input, Proses, Output

    Definisi Sistem Informasi Akuntansi adalah :

1.  Sebuah sistem yang mengumpulkan, mencatat, menyimpan, dan memproses data untuk menghasilkan informasi untuk para pembuat keputusan.

2. Suatu komponen organisasi yang mengumpulkan, mengklasifikasikan, mengolah, menganalisa dan mengkomunikasikan informasi finansial dan pengambilan keputusan yang relevan bagi pihak luar perusahaan dan pihak ekstern.

  • Lima Komponen SIA :
    • Orang-orang yang mengoperasikan sistem dan melaksanakan berbagai fungsi
    • Prosedur-prosedur
    • Data tentang proses bisnis organisasi
    • Software yang dipakai untuk memproses data organisasi
    • Infrastruktur teknologi informasi
  • Tiga fungsi penting SIA dalam organisasi :
    • Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas yang dilaksanakan organisasi, sumber daya yang dipengaruhi aktivitas itu, dan pihak luar yang berkepentingan.
    • Mengubah data menjadi informasi yang berguna bagi pihak manajemen.
    • Menyediakan pengendalian yang memadai untuk menjaga aset organisasi

TUGAS :

Cuba Saudara bayangkan masuk ke sebuah Industri ( Jasa, Dagang, Manufaktur ) lalu amatilah satu Objek dalam Organisasi Tersebut yang bersifat DATA, nah data tersebut saudara kaji apakah memiliki kandungan Informasi (yang berkualitas) sesuai dengan karakteristiknya , uraikan berdasarkan karateristik kualitas informasi yang terdapat dalam DATA tersebut ( Contoh : Data tentang Label harga pada Minimarket Alfamart atau Indomart )

 

Selamat Mengerjakan

27 thoughts on “MATA KULIAH : SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

  • 18 September 2016 at 01.53
    Permalink

    TUGAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

    M. DASIH HUDYANTARI
    B12.2014.02775

    Tugas: Mencari suatu data yang memberikan lima (5) informasi Karakteristik .
    “ TIKET TRAVEL JOGLOSEMAR”
     RELEVANCE
    Biro Travel Joglo Semar digemari oleh banyak orang karena pelayanannya yang baik, on time, armada mobilnya bagus-bagus dan nyaman serta pelayanan yang cepat dan jeda waktunya sedikit sehingga banyak pilihan. Rute perjalanan juga sudah jelas dan tidak menurunkan dan menaikkan penumpang di sembarang tempat.

     RELIABILITY
    Apa yang sudah tercetak di dalam tiket tidak bisa dirubah sehingga tidak akan terjadi adanya double booking dalam satu armada.

     COMPLETENESS
    Data yang tercantum dalam tiket lengkap sehingga memudahkan penumpang untuk memahami (tgl pemberangkatan, jurusan yang di tuju, jam pemberangkatan, kode booking, nomor kursi)

     TIMELINESS
    Berhubung jumlah armada nya banyak maka pemberangkatan penumpang tidak pernah terlambat karena adanya mobil yang selalu stand bay untuk mengantisipasi kalau ada kemacetan atau mogok di jalan.

     UNDERSTANDABILITY
    Informasi yang diberikan dalam tiket sudah sangat jelas sehingga calon penumpang tidak perlu lagi tanya kepada agen dan apabila perlu dengan agen notelepon sudah tercantum dalam tiket.

    Reply
  • 18 September 2016 at 05.40
    Permalink

    LUCY PRIMATARI
    B12.2014.02759

    Jasa Transportasi Kereta Api , mengenai data jadwal keberangkatan kereta api kalijaga kelas ekonomi.

    Karakteristik Kualitas Informasi:
    1. Relevance
    Jadwal keberangkatan kereta api kelas ekonomi merupakan data yang relevance ,karena berhubungan langsung jalannya kereta api. Dengan adanya data jadwal keberangkatan kereta api kelas ekonomi akan mempermudah para penumpang untuk melihat jadwal keberangkatan kereta api kelas ekonomi yang sebelumnya telah dipesan di loket pemesanan tiket kereta api.

    2. Realibility
    Setelah adanya pemesanan tiket kereta api dengan syarat pemesanan tiket kereta api yaitu menggunakan indentitas diri seperti KTP atau SIM yang masih berlaku . Dengan begitu ketika memasuki ruangan jalur masuk untuk para penumpang akan di cek keakuratan dan kebenaran antara identitas tiket kereta api dan indentitas diri penumpang seperti KTP harus sama sesuai jadwal keberangkatan kereta . Sehingga tidak akan ada kecurangan yang membuat para penumpang bisa masuk seenaknya sendiri.

    3. Completeness
    Ada kereta api ada pula jadwal keberangkatan , data jadwal keberangkatan kereta api di samakan dengan kereta yang telah ditentukan. Contohnya kereta api kalijaga asal stasiun salem (gemolong) menuju stasiun semarang poncol berangkat pada pukul 05:48 WIB dan tiba pukul 08:15 WIB .
    Dan untuk keterangan pada tiket kereta api yang telah dipesan sudah diatur gerbong berapa dan tempat kursi sebelah mana. Seperti contoh gambar tiket diatas , telah tertulis gerbong ekonom 2 dan kursi 12 C.

    4. Timeliness
    Jadwal keberangkatan kereta api argo lawu hanya berlaku sampai sebelum lebaran. Setelah itu sudah tidak beroperasi lagi karena hanya berlaku sebagai kereta tambahan pada saat momen mudik lebaran tiba.

    5. Understandability
    Data jadwal keberangkatan kereta api dan pemesanan sangat mudah dipahami karena relevance, reability, completeness, dan timeliness.
    Contohnya seperti gambar diatas, keberangkatan kereta api kalijaga kelas ekonomi berangkat dari stasiun salem (SLM) menuju stasiun semarang poncol berangkat pada pukul 05:48 WIB dan tiba pukul 08:15 WIB , gerbong ekonom 2 dan no kursi 12 C.

    Total stasiun yang akan dilintasi oleh kereta api kalijaga selama perjalanan adalah 19 stasiun diawali dari Purwosari Solo pada pukul 05.20 WIB, Solo Balapan 05.25 WIB, Salem 05.49 WIB, Gundih 06.16 WIB, Kedungjati 07.04 WIB, Semarang Tawang 07.42 WIB dan Semarang Poncol 07.53 WIB. Dari Semarang, kereta tersebut diberangkatkan pada pukul 08.40 WIB, Semarang Tawang 08.45 WIB, Kedungjati 09.25 WIB, Gundih 10.13 WIB, Salem 10.40 WIB, Solo Balapan 11.04 WIB dan tiba kembali di Purwosari pada pukul 11.15 WIB.

    Reply
  • 18 September 2016 at 06.48
    Permalink

    EDI SETIAWAN
    B12.2014.02759

    Data Harga BBM

    Karakteristik Kualitas Informasi:
    1. Relevance
    Harga BBM berhubungan erat dengan jenis BBM, contohnya pertamax 1 liter dengan harga Rp.8500
    2. Realibility
    Data harga BBM sangatlah akurat karena diukur dengan perliternya. Contohnya, pertalite 1 liter seharga Rp.7500, pertalite 2 liter seharga Rp.15000
    3. Completeness
    Data harga BBM disesuaikan jenis BBM juga jumlah liternya, untuk mempermudah para pelanggan dalam mengatur pengisian BBM. Contohnya, pertamax 2,5 liter maka harganya akan menyesuaikan yaitu Rp.21.250
    4. Timeliness
    Harga BBM biasanya tidak stabil, jika terjadi kelangkaan aka nada perubahan harga , namun perubahan tersebut juga tidak permanen ada batasan waktunya.
    Contohnya, harga pertalite Rp.7950 per liter berlaku sampai 1 maret 2018
    5. Understandability
    Harga BBM sangat mudah dipahami karena data yang disajikan sangat relevance, akurat, dang juga diketahui jika ada perubahan harganya.

    Reply
  • 18 September 2016 at 10.05
    Permalink

    NIM: B12.2014.02710
    Nama: Novia Diansari
    Rekening Buku Tabungan BRI SYARIAH

    Relevan: – Secara relevan dapat bermanfaatsebagai menyimpan uang di tabungan agar aman
    – Dengan adanya buku tabungan ini agar pengelolaan uang yang terarah
    Reliability: Data yang disajikan terdapat transaksi-transaksi saat melakukan pemasukan atau saaat melakukan pengeluaran sehingga tercatat tanggal dan keterangan pada saat itu juga
    Completness: – apabila untuk memiliki buku tabungan harus membuka rekening tabungan dengan mendatangi ke bank secara langsung
    – Apabila ingin menambah saldo tabungan,tentunya nasabah harus melakukan setoran tabungan secara tunai.
    – Apabila sewaktu-waktu melakukan penarikan tabungan bisa dilakukan kapan saja baik secara tunai maupun non tunai. Apabila secara tunai bisa datang langsung kebank sebaliknya jika non tunai melalui ATM.
    – Terdapat data di buku tabungan tempat kantor cabang yang terdekat intuk memudahkan dalam melakukan penarikan uang ataupun berkonsultasi.
    – Tersedia nomor rekening milik sendiri, nama pemilik dan alamat sendiri
    – Disajikan data tanda pengenal untuk memudahkan nasabah
    Timeliness: – keakuratan waktunya sangat tepat dan cepat apabila melakukan transaksi sehingga muncul data waktu, hari saat melakukan transaksi dan saldo yang tersisa pada saat itu juga.
    Understandability: – data yang disajikan dalam rekening tabungan terdapat tulisan Debet dan Kredit. Apabila debet itu saat melakukan pengeluaran atau penarikan uang. Jika kredit bermaksutmelakukan pemasukan atau menambah saldo sehingga tdata tercatat di rekening tersebut sehingga mudah dipahami

    Reply
  • 18 September 2016 at 18.47
    Permalink

    NIM : B12.2014.02744
    NAMA : FITRIA WULANDARI

    CONTOH YANG SAYA AMBIL ADALAH TIKET BIOSKOP XXI

    1. Relevance
    Tiket tersebut sangat bermanfaat bagi penggunanya karena berisi informasi real yang menjadi patokan kapan tiket tersebut dapat di pergunakan pengguna.

    2. Reability
    Data yang di sajikan akurat dan dapat di percaya karena antara informasi yang tertera pada tiket sesuai dengan kenyataan dilapangan, seperti harga tiket, judul film, tanggal & jam tayang, nomor kursi hingga nomor bilik bioskop.

    3. Completeness
    Tiket bioskop XXI memiliki informasi yang lengkap, seperti judul film, tanggal & jam tayang, nomor kursi dan nomor bilik bioskop.

    4. Timeliness
    Waktu yang tertera dalam dalam tiket bioskop XXI adalah waktu tayang film, seperti tanggal & jam tayang. Tiket tersebut hanya berlaku satu kali sesuai dengan waktu yang tertera dalam tiket.

    5. Understandability
    Informasi yang tersedia pada tiket bioskop XXI mudah dipahami karena hanya data penting & utama yang di tampilkan.

    Terimakasih~

    Reply
  • 19 September 2016 at 05.48
    Permalink

    Data Tiket Kereta Api
    1. Relevance
    Tiket kereta apidigunakan atau dibutuhkan oleh pemakai saat akan pergi ke suatu tempat, dengan tiket kereta pemakai dapat sampai ke tempat tujuannya. Contohnya pemakai kartu akan pergi ke Tegal maka pada tiket kereta akan bertujuan di stasiun Tegal, dengan tiket tersebut maka pemakai dapat naik kereta sampai tujuannya.
    2. Reliability
    Pada tiket kereta api data yang disajikan akurat dan dapat dipercaya karena data tiket sesuai dengan kereta yang dituju. Contohya nomor nomor gerbong kereta dan tempat duduk tercantum pada tiket.
    3. Completeness
    Tiket kereta api memiliki informasi atau data yang lengkap, diantaranya nama, nomor identitas, nama kereta asal keberangkatan, tujuan keberangkatan, dan waktu keberangkatan sampai waktu tiba.
    4. Timeliness
    Waktu pada tiket kereta api yaitu waktu keberangkatan yang meliputi tanggal, bulan, tahun, dan jam. Tiket kereta api hanya berlaku satu kali keberangkatan yaitu pada waktu yang tercetak pada tiket kereta api tersebut.
    5. Understandability
    Info yang berada ditiket kereta api sangat mudah dipahami. Pada tiket tertera nama kereta dan waktu keberangkatan.

    Reply
  • 19 September 2016 at 06.12
    Permalink

    Data Nota Penjualan (Benang Ratu)
    1. Relevance
    Nota penjualan menyajikan data yang berhubungan dan bermanfaat untuk para pelanggan. Karena pelanggan dapat mengetahui barang apa saja yang sudah dibeli melalui nota penjualan tersebut.
    2. Reliability
    Nota penjualan datanya dapat dipercaya dan akurat.
    Contohnya : data yang tercantum didalam nota penjualan tersebut merupakan data barangnya sesuai dengan apa yang pelangan beli.
    3. Completeness
    Informasi atau data yang terdapat di nota penjualan sangat lengkap, karena di nota penjualan tercantum tanggal, harga barang, jumlah barang, dan uang yang harus dibayar oleh pelanggan.
    4. Timeliness
    Waktu yang tercantum di nota penjualan berlaku saat pelanggan telah selesai melakukan transaksi. Jadi waktu tersebut tepat waktu dimana pelanggan melakukan transaksi/pembayaran di kasir.
    5. Understandability
    Informasi atau data yang terdapat di nota penjualan mudah dipahami oleh pelanggan. Pada nota penjualan terdapat nama barang dan harga barang yang sudah pelanggan beli.

    Reply
  • 19 September 2016 at 10.28
    Permalink

    NAMA : Nana Qurrotun A’yuni
    NIM : B12.2014.02738

    Kajian tentang “STRUK PEMBAYARAN”
    Menurut Saya struk pembayaran skin clinic center Natasha ini memenuhi karakter informasi yang berguna dalam sistem informasi akuntansi, diantaranya adalah sebagai berikut:
    1. Relevance
    Struk pembayaran skin clinic ini mempunyai informasi yang bermanfaat bagi pembeli cream wajah(customer) . Struk pembayaran ini relevan yang berarti memiliki kemampuan untuk meyakinkan sang customer karena struk ini dapat mengambil keputusan yang pasti kebenarannya.
    2. Reliability
    Struk pembayaran ini disajikan secara handal berdasarkan harga yang sudah ditetapkan dan muncul di dalam struk pembayaran.
    3. Completeness
    Struk pembayaran yang diberikan kepada customer sangat lengkap dan detail. Misalkan di struk pembayaran ini terdapat tanggal pembelian, nama kasir, item kode, item nama, QTY, total harga, diskon.
    4. Timeliness
    Kasir memberikan struk pembayaran kepada customer secara langsung setelah terjadi nya transaksi pembelian produk cream Natasha.
    5. Understandbility
    Struk pembayaran ini sangat mudah dipahami karena disajikan dengan jelas dan detail dan bias dengan mudah semua orang untuk memahami.

    Reply
  • 19 September 2016 at 10.29
    Permalink

    NAMA : RISKI DWI SUSANTI
    NIM : B12.2014.02737
    TUGAS : SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

    Saya akan mengkaji informasi tentang BOND PENJUALAN di Matahari Paragon semarang yang menurut saya telah memenuhi 5 karakteristik yaitu :
    1. Relevance : ada hubungan yang kuat dengan peristiwa yang terjadi
    Menurut saya bond penjualan di Matahari Paragon relevance karena informasi di dalam bond penjualan tersebut mempunyai manfaat bagi pembeli. Bond penjualan tersebut juga dapat meyakinkan pembeli.
    2. Reliability : handal, akurat sehingga bias di percaya
    Menurut saya bond penjualan di Matahari Paragon dapat di andalkan pleh pembeli yang artinya kualitas informasi di dalamnya di jamin bebas dari kesalahan dan penyimpangan atau bias dan telah bias menunjukan kejadian atau aktivitas perusahaan secara tepat serta telah dinilai dan disajikan secara layak sesuai tujuannya untuk para pembeli.
    3. Completeness : lengkap
    Menurut saya bond penjualan di Matahari Paragon sudah lengkap. Informasi di dalamnya memuat seluruh data yang relevan. Seperti telah mencantumkan article, price, total, qty dan lain sebagainya sehingga lengkap bagi para pembeli.
    4. Timeliness : tepat waktu
    Menurut saya bond penjualan di Matahari paragon sudah tepat waktu yang berarti informasi tersebut dating tepat waktu dan informasi siap di gunakan bagi para pembeli. Karena informasi yang using tidak berguna bagi pembeli.
    5. Understandability : harus dapat dipahami
    Menurut saya bond penjualan di Matahari Paragon sangat dapat dipahami para pembeli dengan mudah karena bond penjualan tersebut disajikan dengan jelas dan detil sehingga dapat dipahami dengan mudah oleh para pembeli.

    Reply
  • 19 September 2016 at 11.31
    Permalink

    Nama : Yashinta Putri Wijayanti
    NIM : B12.2014.02745
    Prodi : Akuntansi – S1

    “e-tiket pesawat” menurut saya e-tiket pesawat mempunyai lima karakter informasi yaitu;
    1. Relevance : Dapat dikatakan relevance karena ada hubungan yang kuat antara data di e-tiket pesawat yang telah dipesan dengan jadwal penerbangan yang terdapat pada papan informasi keberangkatan.
    2. Reliability : Dapat dikatakan reliabel karena data yang terdapat di e-tiket mencerminkan keadaan yang sebenarnya dan informasi tersebut dapat dihandalkan.
    3. Completenses : Karena e-tiket tersebut memberikan data yang lengkap seperti nama penumpang, nomer tempat duduk, kode penerbangan maskapai, kode bandara tujuan dan asal, dsb
    4. Timeliness : Bahwa waktu keberangkatan di e-tiket penerbangan tersebut hanya berlaku sesuai dengan yang tertulis di e-tiket tersebut.
    5. Understandability : Dengan adanya data2 yang lengkap dan sesuai sehingga informasi yang terdapat di e-tiket tersebut dapat dipahami dan apabila informasi yang dihasilkan sebagian saja maka akan mempengaruhi dalam pengambilan keputusan.

    Sekian.

    Reply
  • 19 September 2016 at 12.56
    Permalink

    saya akan mengkaji “brosur paket umrah”
    Dari hasil kajian saya brosur umrah ini memenuhi lima karakter informasi yang berguna dalam Sistem Informasi Akuntansi , yaitu yang pertama adalah :
    1. Relevance  ada hubungan yang kuat dengan peristiwa yang terjadi.
    brosur penawaran umroh tersebut memeberikan informasi yang relevan dikarenakan penawaran serta informasi yang ditawarkan sesuai dengan informasi yang dipaparkan berdasarkan brosur tersebut ,sehingga pembaca mengetahui informasi yang diberikan.

    2. Reliability  kehandalannya tinggi sehingga bisa dipercaya.
    Brosur penawaran umroh tersebut menyajikan beberapa tingkatan harga sesuai paket yang disajikan sehingga kehandalan dari informasi tersebut dapat di andalkan.
    3. Completeness  data yang harus di informasikan harus lengkap.
    Brosur penawaran umroh tersebut menyajikan informasi yang lengkap sehingga informasi yang didapatkan jelas misalnya harga yang terbagi berdasarkan paket,syarat dan ketentuan , alamat kantor ,informasi fasilitas yang diberikan,lokasi tujuan yang akan dituju, Alamat website PT,foto contoh perjalanan yang pernah dilakukan ,kontak PT ,jadwal keberangkatan,rekening pembayaran yang dituju
    4. Timeliness  informasi yang diberikan harus tepat waktu.
    Brosur umroh tersebut memberikan informasi waktu keberangkatan , diskon saat pembayaran sebelum waktu yang telah ditentukan ,sehingga informasi jelas.
    5. Understandability  informasi harus dapat dipahami.
    Brosur umrah tersebut sangat dengan mudah dipahami karena brosur tersebut memberikan informasi yang jeas menarik sehingga pembaca mudah memahami informasi.

    Reply
  • 19 September 2016 at 14.41
    Permalink

    Data resi pengiriman JNE (perusahaan jasa)

    1. Relevance
    Informasi resi pengiriman JNE tersebut memberi manfaat sebagai tanda bukti jika costumer tersebut telah mengirim barang ke tujuannya.

    2. Reliability
    Data jumlah biaya kirim yang disajikan di resi pengiriman JNE akurat dan dapat dipercaya karena berat barang dan jarak pengiriman dihitung sebagai satuan untuk menentukan biaya kirim.

    3. Completeness
    Data yang disajikan pada resi pengiriman JNE lengkap dan akurat karena tersaji informasi pengirim dan data informasi penerima lengkap.

    4. Timeliness
    Waktu yang disajikan pada resi pengiriman JNE adalah waktu customer mengirim barang disajikan lengkap tanggal serta jam.

    5. Understandability
    Informasi yang tertera pada resi pengiriman JNE mudah dipahami karena data tersebut menyajikan bukti resi dari pengiriman JNE.

    Reply
  • 19 September 2016 at 15.08
    Permalink

    tugas sia b12.2014.02728

    Data dari perusahaan jasa yang menawarkan tempat pencarian hotel di internet:

    Relevan: menurut saya berdasarkan data yang tersedia di perusaan traveloka sebagai perusahaan jasa yang bergerak di bidang pencarian kamar hotel sangat membantu para wisatawan mancanegara dalam mencari kamar hotel

    Reability: perusahaan ini sangat membantu wisatawan karena dapat sangat handal dalam mencari tipe hotel yang di inginkan

    Completeness: seperti gambar yang di lampirkan data sangat lengkap mulai tipe hotel harga,lokasi,dan fasilitas sangat lengkap dan mudah di cari

    Timeliness: berdasar kan data di atas harga tersebut sudah sesuai dengan waktu beserta harga pasti sesuai dengan tanggal kita berangkat

    Understandability: di web tersebut mudah di pahami bagi para wisatawan karena struktur penulisan dan bahasa serta informasi yang mudah di pahami dan lengkap

    Reply
  • 19 September 2016 at 15.09
    Permalink

    ANINDHITA PUTRI ARLINI
    B12.2014.02646

    1. Relevance
    Informasi Slip Setoran Biaya Pendidikan tersebut dapat memberi manfaat sebagai tanda bukti jika customer tersebut telah membayar biaya pendidikan.

    2. Reliability
    Pada Slip Setoran Biaya Pendidikan data yang disajikan akurat dan dapat dipercaya karena data tersebut sesuai dengan total tagihan yang akan dibayaran. Contohnya total biaya tagihan yang dibayarkan.

    3. Completeness
    Slip Setoran Biaya Pendidikan memiliki informasi atau data yang lengkap dan valid diantaranya nama sekolah/perguruan tinggi, nomor rekening, nama siswa, alamat, tanggal, semester/kelas, tahun ajaran, jenis & jumlah pembayaran, total pembayaran.

    4. Timeliness
    Waktu yang tertera pada Slip Setoran Biaya Pendidikan yaitu waktu dimana kita menyetorkan/membayar uang atau tagihan pembayaran pendidikan.

    5. Understandability
    Informasi yang tertera pada Slip Setoran Biaya Pendidikan sangat mudah dipahami. Pada Slip Setoran Biaya Pendidikan.

    Reply
  • 19 September 2016 at 15.19
    Permalink

    Eka Ariska Santi (B12.2014.02639)

    Data TIKET BIOSKOP

    1. Relevance
    Pada tiket bioskop ini sebagai bukti bahwa seorang penonton sudah membeli tiket bioskop yang telah terjadwal pada hari itu. Pada tiket tersebut terdapat keterangan seperti part, tanggal, waktu, tempat duduk dan harga.

    2. Reliability
    Pada tiket bioskop terdapat data yang d sajikan secara akurat dan dapat dipercaya karena di dalam tiket tersebut tertulis judul film yang ingin di tonton contoh studio dan tempat duduk yang di dalam tiket terdapat tulisan studio 1 dan tempat duduk D.11 yg berarti berada di barisan D dan urutan bangku nomer 11.

    3. Completeness
    Tiket bioskop memiliki informasi yang lengkap yakni part(nama cinema) , tanggal pada hari itu pembelian , waktu di mulainya penayangan film tersebut sesuai waktu yang di pilih, tempat duduk sesuai yang di pilih penonton, dan harga yang sudah di tentukan oleh pihak bioskop.

    4. Timeliness
    Pada tiket bioskop terdapat waktu yang tepat yakni hari , tanggal dan jam. Tiket bioskop hanya berlaku pada hari, tanggal, waktu yang tertera di dalam tiket yang tercetak.

    5. Understandability
    Info yang berada pada tiket bioskop sangatlah mudah di pahami yakni sudah tertuliskan part(nama cinema), tanggal, waktu, tempat duduk dan harga.

    Reply
  • 19 September 2016 at 15.23
    Permalink

    Ika Rahmawati
    B12.2014.02628

    1. Relevance
    Informasi data Struk Ayam Geprek Djogjakarta memberi manfaat sebagai bukti jika customer tersebut telah membayar biaya pembelian.

    2. Reliability
    Pada Struk Ayam Geprek Djogjakarta data yang disajikan dapat dipercaya karena data tersebut sesuai dengan total pesanan tersebut. .

    3. Completeness
    Struk Ayam Geprek Djogjakarta memiliki informasi atau data yang lengkap dan valid diantaranya nama toko, alamat, jumlah pesanan, total biaya, tanggal dan waktu pemesan.

    4. Timeliness
    Waktu yang tertera pada Struk Ayam Geprek Djogjakarta yaitu waktu dimana waktu kita memesan pesanan.

    5. Understandability
    Informasi yang tertera pada Struk Ayam Geprek Djogjakarta sangat mudah dipahami.

    Reply
  • 19 September 2016 at 15.33
    Permalink

    Serli Saraswati (B12.2014.02642)

    TIKET BIOSKOP
    1. Relevance
    Pada tiket bioskop sebagai bukti bahwa penonton sudah membeli tiket tersebut dengan keterangan part, date, time, room, seat dan price.

    2. Reliability
    Pada tiket bioskop, data yan di sajikan akurat dan dapat dipercaya karena data tiket sesuai dengan nonton yang di tuju contohnya nomor tempat duduk dan studio bioskop, di tiket di tuliskan studio 1 row E seat 10 berarti nonton yang di tuju pada studio 1 nomor tempat duduk D.10.

    3. Completeness
    Tiket bioskop memiliki informasi/data yang lengkap di antaranya part(nama cinema), hari, waktu, tempat dan harga pada tiket tersebut.

    4. Timeliness
    Waktu pada tiket bioskop yaitu waktu nonton yang meliputi hari, tanggal, bulan, dan jam. Tiket bioskop hanya berlaku satu kali nonton yaitu pada waktu yang tercetak pada tiket bioskop tersebut.

    5. Understandability
    Info yang berada pada tiket bioskop sangat mudah di pahami. Pada tiket tertera studio, nama cinema/judul, waktu, dan nomor kursi.

    Reply
  • 19 September 2016 at 15.34
    Permalink

    Data tiket bioskop
    1. Relevance
    Pada tiket bioskop data dan informasi yang dicantumkan memiliki hubungan. Karena pada tiket akan tercantum nama film yang akan ditonton. Setelah melakukan pembayaran barulah mendapatkan tiket tersebut sebagai bukti pembayaran dan menunjukkannya pada petugas ketika akan masuk ke ruang.
    2. Reliability
    Tiket bioskop yang diberikan memiliki data dan informasi seperti nama bioskop, hari, tanggal, waktu, nomor kursi yang menunjukkan kapan film diputar dan tempat film diputar sehingga akurat dan dapat dipercaya.
    3. Completeness
    Masalah kelengkapan data yang dihasilkan, pada tiket bioskop tercantum nama bioskop, judul film, hari, tanggal, waktu, tempat duduk, harga tiket, dan bukti transaksi saat pembelian tiket.
    4. Timeliness
    Film diputar sesuai waktu yang tercantum dan tiket berlaku ketika akan memasuki ruang bioskop dan setelah film selesai diputar tiket sudah tidak berlaku.
    5. Understandability
    Data dan informasi yang tercantum pada tiket dapat dipahami, karena informasi yang sangat dibutuhkan hanya judul film, waktu, dan tempat untuk dapat menonton film.

    Reply
  • 19 September 2016 at 15.45
    Permalink

    Nama :Restya Ningrum
    Nim :b12.2014.02729

    • Relevan
    Kartu ini harus digunakan oleh pasien yang tertera dikartu,tidak boleh dipindah tangankan.
    • Reliability
    Pada kartu member klinik kecantikan ini LBC(London beauty centre) data yang disajikan akurat dan dapat dipercaya karena data member sesuai dengan identitas pasien ketika mendaftar.
    Contoh: nama,alamat,tanggal lahir,yang sesuai dengan identitas diKTP.
    • Completeness
    Member klinik kecantikan LBC memiliki informasi data yang lengkap diantaranya nama,kode member pasien.
    • Timeliness
    Member klinik kecantikan tersebut yaitu selama perawatan di LBC.
    • Understandibility
    Info yang berada di member tersebut sangat mudah dipakai ketika akan digunakan untuk membeli krim kecantikan yang sesuai dengan resep yang tercantum/terekam pada data di member.

    Reply
  • 19 September 2016 at 15.47
    Permalink

    Nama : chafik yuniarto
    Nim :b12.2014.02627

    • Relevan
    Tiket ini harus dipergunakan oleh orang yang membeli tiket dan tidak dibolehkan pindah tangan ke orang lain.
    • Reliability
    Pada tiket pesawat lion air,data yang disajikan akurat dan dapat dipercaya karena data tiket sesuai dengan pesawat yang dituju.
    • Completeness
    Tiket pesawat memiliki informasi dan data yang lengkap diantaranya nama,no.identitas,nama pesawat,jam keberangkatan serta asal dan tujuan keberangkatan.
    • Timeliness
    Waktu pada tiket pesawat yaitu waktu berangkat yang meliputi tanggal , bulan, tahun, dan jam keberangkatan . Tiket pesawat biasanya hanya berlaku satu kali keberangkatan yaitu pd waktu yang tercantum dalam tiket.
    • Understandbility
    Info yang berada di ticket pesawat sangat mudah dipahami dan di mengerti pada ticket tertera nama dan waktu.

    Reply
  • 19 September 2016 at 15.49
    Permalink

    Nama : Artha Dian Iriyani
    Nim : B12.2014.02723

    • Relevan
    Kaertu ini hanya boleh digunakan oleh pasien yang tertera dikartu member. Tidak boleh dipindah tangankan.
    • Reliability
    Pada kartu member klinik kecantikan dr.Damayanti,Sp.Kk data yang disajikan akurat dan dapat dipercaya,karena data kartu member sesuai dengan identitas KTP pada saat mendaftar menjadi pasien di klinik kecantikan dr.Damayanti,Sp.Kk. Contoh: Nama,alamat,dan tanggal lahir yang sesuai dengan KTP
    • Completeness
    Kartu member klinik kecantikan dr.Damayanti,Sp.Kk memiliki informasi atau data yang lengkap tentang pasien , diantaranya Nama,Nomor Urut,Alamat,Nomor Telepon,dan data kartu member klinik kecantikan dr.Damayanti,Sp.Kk diantaranya Alamat,Nomor Telepon, dan jadwal praktik.
    • Timelines
    Waktu pada kartu member klinik kecantikan dr.Damayanti,Sp.Kk berlaku seumur hidup pasien.
    • Understanding
    Info yang berada di kartu member klinik kecantikan dr.Damayanti,Sp.Kk sangat mudah dipahami dan mempermudah pada saat pembelian krim atau resep obat yang sudah di beri oleh dokter karena informasi resep sudah terekam secara otomatis di sistem kartu member klinik kecantikan dr.Damayanti,Sp.Kk .

    Reply
  • 19 September 2016 at 15.49
    Permalink

    Nama : Amalia Suryani
    Nim :B12.2014.02672

    • Relevan
    Kartu ini harus digunakan oleh pasien yang tertera dikartu tidak boleh dipindah tangankan.
    • Reliability
    Pada kartu member Rs.Adella data yang disajikan akurat dan dapat dipercaya. Karena data member sesuai dengan identitas KTP sebelum mendaftar.
    Contoh: Nama ,alamat dan tanggal lahir yang sesuai dengan KTP yang telah direkam didalamnya.
    • Completeness
    Kartu member Rs.Adella memiliki data yang lengkap tentang pasien diantaranya Nama,No urut,Alamat ,Tgl Lahir,dan data Rs.Adella diantaranya alamat,no telepon dan fax. Serta ketentuan yang berlaku untuk berobat di Rs.Adella
    • Timeliness
    Waktu pada kartu berobat yaitu berlaku selamanya.
    • Understandbility
    Info yang berada di kartu berobat Rs.Adella seperti nama dan nomor pasien digunakan untuk mempermudah pelayanan.

    Reply
  • 19 September 2016 at 16.08
    Permalink

    Nama: Yoga Pratama Widyatmoko
    Nim: b12.2014.02704
    Mata kuliah : Sistem Informasi Akuntansi

    Nota Pembayaran Happy Petty
    A. Relevance : Nota ini bermanfaat berapakah nominal uang yang harus dibayarkan setelah kita melakukan transaksi pembelian di toko Happy Petty.
    B. Reability : dalam transaksi yang dilakukan oleh toko tersebut masih dilakukan secara manual yaitu dengan menulis menggunakan tangan tanpa bantuan komputer dan menulisnya di depan customer jadi tidak akan diragukan kejujurannya.
    C. Completness : Transaksi yang terdapat di nota komplit yaitu terdapat tanggal transaksi, nama toko, nama dokter, alamat, nomor telepon.
    D. Timeliness : Data yang tidak usang seperti alamat dan nomor telepon yang tidak ganti atau pindah tempat agar konsumen yang menjadi langganan tidak pergi atau tidak kebingungan mencari toko tersebut.
    E. Understandability : dalam nota tersebut terdapat nominal yang tertera jelas transaksi-transaksi apa yang dilakukan.

    Reply
  • 19 September 2016 at 16.10
    Permalink

    Nama: Cintaufiqni Dewi Utami
    NIM: B12.2014.02709

    Tiket Bioskop

    Relevance :
    Dalam tiket tersebut didapatkan informasi yang dapat dipercaya dikarenakan adanya informasi yang bersifat memberikan pemahaman, berupa harga dari tiket yang sudah tertera dan juga waktu pelaksanaannya. Dijelaskan juga dimana berlangsungnya tempat pemutaran. Jadi informasi tersebut sangat bermanfaat bagi pembeli tiket, karena informasi standart sudah tertera dalam tiket tersebut.

    Reliability :
    Dalam sebuah tiket bioskop tersebut memiliki tingkat kehandalan yang tinggi, data yang disajikan pada tiket tersebut sesuai dengan kenyataan yang ada, jadi bisa dikatakan jumlah nominal yang dituliskan dalam tiket sama dengan nominal yang ada dalam label, termasuk sebuah ppn dan apapun model pengeluaran dengan total akhir sama dengan dilabel, dari hal tersebut digambarkan bahwa tiket bioskop ini dapat dipercaya atau akurat sesuai dengan kenyataan pemasukan dan pengeluaran.

    Completeness :
    Semua informasi yang tertera dalam tiket sangat lengkap, dikarenakan terdapat informasi waktu, harga, seat, tanggal dan informasi lainnya. Jadi konsumen mudah untuk melihat informasi yang belum dia ketahui. Karena informasi yang dituliskan didalam tiket tersebut sudah meliputi berbagai syarat sebagai completeness.

    Timeliness :
    Masalah waktu dalam tiket sangat berpangaruh dikarenakan didalam tiket itu tertera kapan batas akhir dari tiket tersebut, sehingga tiket tersebut memiliki tanggal kadaluarsa, dikarenakan tiket tersebut hanya bisa digunakan pada waktu yang telah ditentukan. Sesuai dengan label harga yang ada bahwa tiap hari harga yang bisa berubah ubah dengan demikian tiket tersebut sudah disertakan kapan waktu itu berlaku dan kapan waktu tersebut sudah kadarluarsa.

    Understandability :
    Dalam tiket tersebut sangat mudah untuk dimengerti, dikarenakan sudah lengkap informasi yang ada. Informasi yang tertera adalah masalah waktu, tanggal, jam , dan berapa harga yang harus dikeluarkan, sehingga konsumen sangatlah mudah untuk memahami infomasi yang sudah tertera dalam tiket. Hal ini sangatlah membantu para konsumen untuk memahami informasi tiket dan bisa langsung melakukan transaksi ataupun kegiatan.

    Reply
  • 19 September 2016 at 16.14
    Permalink

    Nama : Farra Diva Putri Marretha
    Nim : B12.2014.02705
    Mata kuliah : Sistem Informasi Akuntansi

    Nota Pembayaran Family Laundry
    A. Relevance : Nota ini bermanfaat karena terdapat peraturan-peraturan yang jelas diberikan kepada konsumen Family Laundry agar jika ada kerusakan atau kehilangan barang konsumen dapat mengetahui lebih awal dan jelas untuk ganti ruginya.
    B. Reability : Data yang disajikan di dalam nota pembayaran terdapat transaksi-transaksi apa saja sehingga tercatat tanggal dan keterangan apa saja yang dilakukan pada saat itu juga.
    -Transaksi yang dilakukan dengan menggunakan cara manual dan didepan konsumen tersebut sehingga konsumen dapat percaya dan melihat sendiri transaksi yang sudah dilakukan.
    C. Completness : Informasi yang trdapat di nota komplit yaitu terdapat tanggal transaksi, nama laundry, alamat, jumlah transaksi atau pembayaran, nomor telepon, tanda tangan konsumen dan tanda tangan petugas.
    D. Timeliness : Informasi atau data yang tidak usang seperti alamat dan nomor telepon yang tidak ganti atau pindah tempat agar konsumen yang sudah menjadi langganan tidak pergi atau mencari-cari alamat sehingga pimdah ke tempat laundry yang lain.
    E. Understandability : Informasi atau data yang terdapat di dalam nota tersebut adalah nominal yang tertera jelas transaksi-transaksi apa yang telah dilakukan oleh konsumen.

    Reply
  • 19 September 2016 at 17.50
    Permalink

    Hubungan antara alfamart dan indomart mungkin terlihat tidak akur dan bisa dikatakan usaha ini saingan, sudah sekian lama minimarket ini didirikan dan sudah tidak asing lagi bagi warga sekitar, disetiap ada indomart pasti disebelahnya jga ada alfamart tapi dengan harga yg tentu berbeda. Keandalan dari 2 minimarket ini mereka selalu bersaing keras dan supaya pelanggan mereka tidak kabur 2 minimarket ini sering mengadakan promo untuk menarik pelanggan lain biar bisa mengunjungi minimarket mereka masing2 dengan harga yg diberikan lebih rendah tentunya. Misalkan kayak sabun mandi biore cair yg awal harganya Rp 22900 menjadi Rp 18500 dan masih banyak lagi yg sering dipromo. Soal masalah kelengkapan barang dan jajanan, 2 minimarket ini hampir lengkap semuanya, misal kayak snack apa itu merknya saya lupa, snack itu hanya ada dialfamart snack yg super pedas dengan harga Rp 20000 dan di indomart ngga ada jajanan itu. Kebanyakan indomart sekarang dilengkapi dengan adanya mesin ATM untuk memudahkan pengunjungnya kalo dialfamart masih jarang yang ada mesin ATMnya, banyak jajan yg ngga ada di alfamart tapi ada di indomart begitu pun sebaliknya, 2 minimarket ini saling bersaing tapi saling melengkapi kekurangan masing2. Dan aktualitas itu tergantung dari diri mereka sendri dan apabila orang itu bekerja tapi bukan dari aktual diri mereka, mereka harus menyusuaikan diri, misalkan kalo orang bekerja dikasir indomart maupun alfamart atau dimanapun orang itu harus mempunyai sifat yg ramah dan sopan kepada pembeli karena pembeli itu raja. Setiap pekerja haru mengerti pekerjaannya masing2 dan jam kerjanya, setiap pekerja kalau datang harus absen dlu dan harus tepat waktu apabila pekerja itu dayang terlambat maka harus dihukum atau dikasih konsekuensi dari peraturan yg sudah ada.

    Reply
  • 20 September 2016 at 15.05
    Permalink

    sistem informasi akuntansi
    nama : uswatun hasanah
    nim : b12.2014.02781

    Relevansi (relevancy)
    Hasil dari sistem informasi (SI) harus dapat digunakan untuk kegiatan managemen ditingkat operasional, taktis dan strategis. Jika tidak dapat digunakan, informasi tersebut layak untuk tidak diperhatikan lagi. Beberapa gejala dari informasi yang tidak lagi relevan, antara lain :
    Banyak laporan yang isinya terlalu panjang ,Laporan tidak digunakan oleh pihak yang menerimanya,
    Permintaan informasi tidak tersedia dalam SI.Sebagai laporan yang tersedia tetapi tidak diminta/dibutuhkan. Bertumpuknya keluhan-keluhan pemakai ketika laporan tidak diproduksi dan disebarluaskan. Dapat dipercaya (reliability)Sebuah indikator penting dari sistem informasi yang adalah dengan memperhatikan masalah reliabilitasnya. Beberapa gejala tentang masalah reliabilitas, antara lain : Computer downtime, yaitu sistem informasi bekerja dengan baik ketika komputernya bagus, kemudian komputer mengalami penurunan. Banyaknya karyawan mengalami pergantian (turnover), yaitu tingkat rata-rata karyawan bekerja dengan baik keluar, dan karyawan baru ditraining. Waktu perbaikan kesalahan program, yaitu pemakai tidak dapat memperkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memperbaiki sebuah kesalahan informasi, barangkali satu jam atau empat minggu.Biaya, yaitu tingginya varian rata-rata biaya setiap bulannya. Tumpukan transaksi, yaitu jumlah transaksi yang tertunda atau ditolak. Rata-rata kesalahan, yaitu rata-rata kesalahan yang tidak dapat diprediksi, sehingga perlu Kelengkapan (completeness).Data tidak hanya dimasukkan secara benar, tetapi juga harus lengkap. Apabila sebuah sistem informasi memiliki 95% keakuratan data, tetapi hanya 80% dari kebutuhan informasi, maka sistem akan tidak efektif. Berikut beberapa gejala ketidaklengkapan (incompleteness) :Sebagian data dikembalikan ke pemakai karena sumber dokumennya atau isian formulirnya tidak lengkap. Pengawas data menunjukkan sebuah atau lebih isian field yang tidak diisi karena kesengajaan atau ketidaksengajaan. Bagian pemasukan data menelepon ke pemakai untuk mengklarifikasikan data dari sumber-sumber dokumennya. Ketepatan waktu (timeliness).Beberapa gejala yang menunjukkan masalah ketepatan waktu : Keluaran (throughput) sistem informasi mengalami penurunan. Troughput adalah tingkat proses transaksi sampai akhir waktu yang bebas kesalahan. Tumpukan pemasukan data mengalami kenaikan. Sebuah tumpukan pemasukan data terjadi ketika data transaksi tidak langsung dimasukkan pada saat itu (ditunda/tertunda). Keluhan tentang lambatnya sistem membuat laporan mengalami kenaikan. Waktu yang dibutuhkan untuk memperbaiki kesalahan program mengalami kenaikan. Banyaknya keluhan dari pemakai tentang kesulitan dalam menghubungi staff pemeliharaan program dan staff operasinya. Understanding: Informasi akuntansi harus dapat dimengerti oleh pengguna sistem informasi akuntansi. Itu artinya informasi yang disajikan harus jelas dan mudah dimengerti baik oleh pihak inner perusahaan maupun pihak outer perusahaan. Namun ada beberapa gejala yang menunjukan masalah understanding :Informasi yang disajikan banyak menggunakan istilah istilah yang kurang bisa dipahami.Informasi yang disajikan kurang mendetail.Pengguna sistem informasi kurang memahami karena informasi yang disajikan kurang efektif penggunaan datanya.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *